Suddhi Widhani

Mungkin atas banyaknya permintaan, 
dalam salah satu contoh Piagam Sudhi Widhani
yang resmi dikeluarkan PHDI,
"awalnya yang bersangkutan hendaknya terlebih dahulu
mengajukan permohonan atas kehendaknya sendiri".
"Suddhi Widhani" (atau Sudhi Widani) adalah upacara penyucian secara lahir dan bhatin untuk kembali ke jalan dharma yang bertujuan untuk mendapatkan kedamaian sebagai umat Hindu Dharma.

Sebagaimana disebutkan dalam kutipan Acara Agama Hindu, Suddhi Widhani ini berasal dari kata yaitu :
  • Sudi artinya penyucian, 
  • Wadani artinya ucapan/pernyataan/kata-kata.
Dimana dalam pelaksanaan tata cara upacara Sudi Wadani dijelaskan dalam tahapan sebagai berikut :
  1. Membuat surat pernyataan penyucian yang sah. seperti halnya :
    • Masuk Hindu memang datang dari hati nurani bukan karena ada yang meminta atau paksaan.
    • Dengan kemauan sendiri. Tak ada paksaan maupun permintaan pihak mana pun.
  2. Melaksanakan upacara
  3. Pelaksanaannya selalu disertai dengan api yang mengandung makna sebagai lambang Dewa Brahma sebagai saksi atas ritual yang dilakukan. 
  4. Mengucapkan Aksara Suci Mantra Om Sa, Ba, Ta, A, I, Na, Ma, Si, Wa, Ya, Ang Ung Mang
Sedangkan penyumpahan dalam pelaksanaan upacara ini juga disebutkan dengan upasaksi yaitu pernyataan kesaksian ke hadapan Hyang Widhi/Tuhan Yang Maha Esa yang bertujuan untuk menyatakan kebenaran perbuatan seseorang baik yang telah lalu maupun yang akan datang. 

Selain hal tersebut diatas, Upacara Suddhi Widhani ini juga disebutkan dilaksanakan dalam upacara pawiwahan atau perkawinan beda agama, khususnya bagi mereka yang tadinya beragama lain kemudian menjadi Hindu tentulah saat bersejarah itu ada patokannya yaitu segera setelah ia mengucapkan kata-kata suci yang disebut Suddhi Wadani. 
Kata-kata suci itu tiada lain pernyataan dan pengakuan bahwa Tuhan itu Hyang Widhi dengan berbagai bentuk manifestasinya. Suddhi Wadani kemudian dibuatkan dokumen yang disahkan oleh PHDI.
Demikian disebutkan beberapa hal tentang Upacara Sudi Wadani ini sebagai suatu pernyataan yang disucikan yaitu dengan mengucapkan Satyam Eva Jayate dan dapat melaksanakan ajaran agama Hindu secara benar disebutkan kebahagiaan pasti akan tercapai pula.
***