Tradisi

Tradisi merupakan kearifan lokal masa lampau yang diteruskan dari generasi ke generasi baik secara tertulis maupun (sering kali) lisan seperti halnya tradisi memunjung untuk saling dapat mengingatkan.
Sesuatu yang telah dilakukan sejak lama dan menjadi bagian dari kehidupan suatu kelompok masyarakat, biasanya dari suatu negara, kebudayaan, waktu, atau agama yang sama.  
Karena tanpa adanya pelestarian seperti ini, suatu tradisi, adat dan seni budaya sebagai ciri khas suatu daerah juga akan dapat menjadi punah.
Maka dari itu sebagai generasi penerus, sebuah tradisi hendaknya disebutkan agar selalu dapat dihayati, dijaga dan dilestarikan sebagai sebuah tuntunan hidup untuk lebih menghormati alam dan kehidupan ini. Seperti halnya tradisi-tradisi yang dilaksanakan di Bali :
  • Tradisi kerauhan, karena sesuatu itu perlu dibuktikan kebenarannya.
  • Tradisi Aci Rah Pengangon sebagai sebuah tradisi yang dilaksanakan untuk mensyukuri atas ketentraman dan kemakmuran yang telah dilimpahkan.
  • Ngerebeg yaitu ritual penolak bala yang biasanya dilaksanakan pada saat piodalan dan hari raya berlangsung.
  • Tradisi dalam upacara Nyaagang yang dimaknai sebagai wujud kembalinya roh leluhur datang berkunjung ke alam marcapada ini untuk dapat memberikan berkah dalam bentuk kesejahteraan kepada para keturunannya yang masih hidup.
  • Tradisi Meluasang untuk meminta petunjuk kepada leluhur maupun kepada bethara - bethari, Bhatara Hyang Guru, para dewa, menemukan Bhatara Kawitan dll melalui seorang yang suci.
  • Dan banyak lagi tradisi yang perlu dilestarikan.
Dalam perkembangan peradaban tentang kehidupan di muka bumi ini, terkadang sebuah tradisi bisa saja hilang berganti atau dapat beradaptasi.
Namun sebagai warisan leluhur disebutkan hendaknya disebutkan tetap dilestarikan.
Dengan demikian, peradaban manusia akan dapat dibangun lebih baik dan lebih maju.
Dalam mengenal kebudayaan pulau dewata diceritakan pula bahwa, 
Bukan hanya keindahan alamnya saja yang menarik dari Bali, namun keagungan tradisi masyarakatnya juga banyak menarik bahkan banyak dikaji oleh orang-orang diluar Bali. Sebagaimana diketahui Bali memang kaya akan berbagai kesenian tradisional, pakaian adat, bahasa, dan tradisi keagamaan yang mewarnai realitas kehidupan masyarakat Bali. Ialah Tari Barong dan Tari Kecak yang menjadi salah satu tarian tradisional khas Bali yang sudah terkenal kemana-mana.
Dan dalam sebuah proposal penelitian yang dilakukan AstinaLuna tradisi upacara pengabenan di Desa Pedawa disebutkan pula bahwa :
Tradisi-tradisi yang dibentuk oleh Hinduisme juga disebutkan merupakan penerapan praktis pemikiran-pemikiran yang maha mulia yang terkandung didalam kitab-kita suci seperti Veda, Smrti dan berbagai Purana (yang menjadi pedoman untuk kelanjutan dari pangemong dan pangempon pura sebagai tempat suci umat Hindu di Bali).
***

Daftar Bacaan Terlengkap & Terpopuler di Bali